Perintah include dan require dalam php

Posted on Updated on


Perintah require() dan include() dalam php digunakan untuk menyisipkan isi file tertentu menjadi bagian file yang memanggilnya. Keduanya sangat identik dalam banyak hal, kecuali cara penanganan kegagalan. include() menghasilkan suatu peringatan, sedangkan require() menghasilkan pesan kesalahan Fatal Error. Meskipun demikian, jangan takut menggunakan require() apabila anda menginginkan suatu file yang tidak ditemukan menghentikan proses terhadap halaman tersebut. include() tidak menghentikan proses tetapi melanjutkannya, jadi pastikan anda membuat include_path/alamat file yang akan disertakan benar.

Berikut kita lihat cara penggunaan serta cara kerja keduanya :

Perintah require

Statement require() merupakan konstruksi bagi parser PHP yang digunakan untuk membuka file yang diberi dan membaca nilai variabel serta fungsi yang terdapat di dalamnya untuk kemudian mengeksekusinya. File akan diperlakukan sebagai suatu script mengeksekusinya. File akan diperlakukan sebagai suatu script PHP normal. Apabila file tersebut berisi tag-tag PHP, maka akan dievaluasi terlebih dahulu sebelum mengirimnya ke browser. Namun bila file hanya berisi teks biasa, maka file akan langsung ke browser. Statement require() tidak dapat dimasukkan dalam struktur perulangan karena hanya boleh dipanggil satu kali.

Cara penulisan :

<?php
  require(nama file);
?>

Perintah include

sama seperti statement require(), Statement include() jugamerupakan konstruksi bagi parser PHP yang digunakan untuk membuka dan membaca nilai variabel dari file yang dinyatakan serta fungsi yang terdapat didalamnya untuk kemudian mengeksekusinya. File akan diperlakukan sebagai suatu script mengeksekusinya. File akan diperlakukan sebagai suatu script PHP normal. Apabila file tersebut berisi tag-tag PHP, maka akan dievaluasi terlebih dahulu sebelum mengirimnya ke browser. Namun bila file hanya berisi teks biasa, maka file akan langsung ke browser. Tetapi Statement include() dapat dimasukkan dalam struktur perulangan.

Cara penulisan :

<?php
  include(nama file);
?>

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s